Newest Post

// Posted by :serba-serbi // On :Rabu, 17 Oktober 2018


Teknologi  Informasi  komunikasi

vKelompok 1
·      Rijsa fitriani
·      Muhammad Bagus D N
·      Inih carsinih
·      Salsabila yasmin
·      Hani tri azhari









                                                                Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan...............................................................................................
1.1 Kata pengantar...........................................................................
1.2 latar belakang ..............................................................................
                                1.3  Rumusan masalah.......................................................................
                                1.4 Tujuan.......................................................................................
Bab 2 Pembahasan ................................................................................................
                                2.1 Definisi perkembangan Teknologi................................................
                                2.2 Komunikasi Informasi..................................................................
                                2.3  perangkat lunak dan perangkat keras........................................
                                2.4 Determinisme teknologi.............................................................
                                2.5 Pendekatan dalam mempelajari teknologi komunikasi.............
Bab 3  Penutup........................................................................................................
                                3.1  Kesimpulan..................................................................................
                                3.2 Daftar Pustaka.............................................................................
                                                                                 












Bab 1 Pendahuluaan
1.1 Kata pengantar
                Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Taufik dan Hinayahnya sehingga Kelompok 1 dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam memahami pendidikan kewarganegaraan.
Harapan  kami kelompok 1 semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga  kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami  akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami  miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami kelompok 1 harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.


                                                                                                                                                Bogor,09 Oktober 18
                                                                                                                                                                Penyusun














1.2 Latar belakang
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mana merupakan salah satu hal terpenting di abad ini. Tidak dapat dipungkiri kalau TIK tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil hinga orang tua, pedagang kecil hingga pengusaha besar, baik disadari maupun tidak sudah begitu tergantung pada TIK.
Hal ini merupakan titik awal perkembangan TIK. Manusia yang lebih maju dan modern mampu berkomunikasi secara lisan dan mulai mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar.

1.3  Rumusan masalah
v   Apa itu Definisi perkembangan Teknologi?                         
v   Apa yang  dimaksud dengan Komunikasi Informasi?                      
v   Apa ituperangkat lunak dan perangkat keras?
v  Apa  yang dimaksud dengan Determinisme teknologi?
v   Apa yang harus di lakukan dalam pendekatan dalam mempelajari teknologi komunikasi?
1.4 Tujuan
Makalah ini disusun agar pembaca dapat lebih mengerti dan menambah wawasan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, pembaca juga bisa lebih mengetahui tentang dampak positif dan negative dari Teknologi di zaman sekarang ini, sehingga pembaca bisa mengerti bagaimana cara memakai teknologi dengan baik dan benar, tidak salah menggunakannya.









                                               





                                                                                Bab 2 Pembahasan
2.1 Definisi perkembangan teknologi
                Teknologi adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah. Teknologi, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain, teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.
Definisi mengenai sains menurut Sardar (1987, 161) adalah sarana pemecahan masalah mendasar dari setiap peradaban. Tanpa sains, lanjut Sardar (1987, 161) suatu peradaban tidak dapat mempertahankan struktur-struktur politik dan sosialnya atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar rakyat dan budayanya. Sebagai perwujudan eksternal suatu epistemologi, sains membentuk lingkungan fisik, intelektual dan budaya serta memajukan cara produksi ekonomis yang dipilih oleh suatu peradaban. Pendeknya, sains, jelas Sardar (1987, 161) adalah sarana yang pada akhirnya mencetak suatu peradaban, dia merupakan ungkapan fisik dari pandangan dunianya. Sedangkan rekayasa, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) menyangkut hal pengetahuan objektif (tentang ruang, materi, energi) yang diterapkan di bidang perancangan (termasuk mengenai peralatan teknisnya). Dengan kata lain, teknologi mencakup teknik dan peralatan untuk menyelenggarakan rancangan yang didasarkan atas hasil sains.
Seringkali diadakan pemisahan, bahkan pertentangan antara sains dan penelitian ilmiah yang bersifat mendasar (basic science and fundamental) di satu pihak dan di pihak lain sains terapan dan penelitian terapan (applied science and applied research). Namun, satu sama lain sebenarnya harus dilihat sebagai dua jalur yang bersifat komplementer yang saling melengkapi, bahkan sebagai bejana berhubungan; dapat dibedakan, akan tetapi tidak boleh dipisahkan satu dari yang lainnya (Djoyohadikusumo 1994, 223).

2.2 Komunikasi informasi
Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, maupun organisasi yang mengolah dan menggunakan informasi sebagai bahan komunikasi nya agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dapat dilakukan dengan cara lisan maupun verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dimengerti, komunikasi masih dapat dilakukan dengan gerak tubuh sebagai kode atau petunjuk komunikasi. Cara tersebut disebut dengan komunikasi dengan bahasa non-verbal.
Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi. Data belum memiliki nilai sedangkan informasi sudah memiliki nilai. Informasi dikatakan bernilai apabila manfaatnya lebih besar dibanding biaya untuk mendapatkannya.

KUALITAS INFORMASI
Informasi yang berkualitas memiliki 3 kriteria, yaitu:
-Akurat (accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan, tidak bias ataupun menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi itu harus dapat dengan jelas mencerminkan maksudnya.
-Tepat pada waktunya (timeliness)
Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Didalam pengambilan keputusan, informasi yang sudah usang tidak lagi bernilai. Bila informasi datang terlambat sehingga pengambilan keputusan terlambat dilakukan. Hal itu dapat berakibat fatal pada perusahaan.
-Relevan (relevance)
Informasi yang disampaikan harus mempunyai keterkaitan dengan masalah yang akan dibahas dengan informasi tersebut. Informasi harus bermanfaat bagi pemakainya. Disamping karakteristik, nilai informasi juga ikut menentukan kualitasnya. Nilai informasi (value of information) ditentukan oleh dua hal, yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih besar dibanding  biaya untuk mendapatkannya.
2.3 Perangkat  lunak dan perangkat keras
                Perangkat Lunak – Software merupakan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Secara luas perangkat lunak dapat diartikan sebagai suaru produser pengoprasian, dan dapat pula diartikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoprasikan komputer dan peralatannya.
Perangkat lunak adalah program, sebagai mana kita ketahui program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga untuk mengendalikan komputer dapat melakukan tindakan yaag dikehendaki oleh pembuatnya.
Fungsi-fungsi software
1. Mengindentifikasi program
2. Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer dapat terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Jenis-jenis perangkat lunak
Berdasarkan fungsinya perangkat lunak dapat dikelompokan dalam beberapa kelompok yaitu perangkat lunak sistem operasi , perangkat lunak sistem operasi, perangkat lunak alat bantu (utility), dan perangkat lunak bahasa pemrograman.
Perangkat lunak sistem operasi komputer  adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras komputer agar dapa dijalankan oleh pengguna.
sistem operasi mempunyai fungsi dan tugas sebgai berikut:
a. Mengelola proses jalannya suat program dalam komputer.
b. Megelola pemakaian sumber daya komponen perangkat keras komputer seperti CPU, memori dan lain-lain, pada saa komputer sedang dijalankan.
c. Mengelola akses data dalam piranti menimpan sekunder maupun dalam memory utama.
Jenis-jenis Perankat Lunak Sistem Operasi
Macam-macam perangkat lunak sistem operasi yang digunakan saat ini terbagi menjadi tiga kelompok besar.
Keluarga Microsoft Windows, antara lain terdiri atas Windows Dekstop Environment. Windows 9x ( windows 95, 98, Windows ME), dan Windows NT ( Windows NT3 3.x) Wndows NT 4.0 Windows 2000, Windows Xp, Windows server 2003, Windows Vista, Windows 7 Windows 8 dan Windows 10.
Keluarga Unix – Unix menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, Seperti SCO UNIX.
Keluarga BSD GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama darwin) dan GNU/Hurd.
Mac OS adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintos, Sistem operasi terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 Tiger.
Perangkat keras – hardware komputer Secara umum perangkat komputer terbagi menjadi 3 bagian yaitu Hardware ,software dan brainware. Perangkat keras (hardware) komputer adalah alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh atau berwujud/berbentuk untuk mendukung kinerja dari computer itu sendiri.
Perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah.
Melalui software inilah suatu computer dapat menjalankan suatu perintah,sedangkan brainware adalah orang/manusia yg menjalankan atau menggunakan komputer tersebut. Untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai perangkat keras (hardware) komputer beserta fungsinya, tanpa lama lagi yuk kita langsung bahas saja.
4 Kategori Dari Perangkat Keras (hardware) Komputer
Sebagaimana kita tau perangkat keras (hardware) komputer itu banyak macamnya. Agar mempermudah kita dalam memahaminya maka kita bagi ke dalam 4 kategori yaitu:
Input Device : Alat input / masukan
Process Device : Alat yang menjalankan proses sistem computer
Output Device : Alat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
Storage Device : Alat untuk menyimpan
Untuk memperjelas kategori–kategori tersebut serta perangkat keras mana saja yg termasuk dalam setiap kategori berikut penjelasannya:
1. Input Device
Input device adalah unit yg fungsinya sebagai media untk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untk diolah guna menghasilkan informasi yg diperlukan. Input devices yg umumnya digunakan pada computer (PC) adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner dan lain-lain.
Keyboard fungsinya memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.
Mouse fungsinya untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta menjalankan peritah klik kiri dan kanan.
Touch pad fungsinya yg sama dengan mouse namun memiliki bentuk yg berbeda yaitu berupa bantalan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada di laptop.
Joystick fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol – tombol yang ada pada perangkat, biasanya di gunakan untk bermain games pada komputer.
Scenner fungsinya sama seperti mesin fotocopy hanya saja berbeda hasilnya jika mesin fotocopy dapat dilihat di kertas sedangkan scenner dapat dilihat di layar monitor.
2. Process Device
Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.
Power supply (PSU) berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.
Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
Prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi Anda.


RAM (Random Access Memory) fungsinya sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Vga card (kartu grafis) fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
3. Output Device
Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam output device.
Monitor fungsinya menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
Printer fungsinya untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
Speaker adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.
4. Storage Device
Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti hardisk, fleshdisk, cd dan lainnya yg fungsinya sebagai media penyimpanan data.

2.4 Determinisme teknologi
                Determinisme teknologi adalah sebuah teori yang menegaskan bahwa perubahan yang terjadi dalam perkembangan teknologi sejak zaman dahulu sampai saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat. Perkembangan teknologi seperti reka baru atau bisa juga disebut inovasi, penemuan-penemuan baru, dan hal-hal lain yang bertujuan mengembangkan teknologi untuk mempermudah kegiatan-kegiatan manusia, memberikan pengaruh yang besar kepada perkembangan nilai-nilai sosial dan kehidupan dalam masyarakat.
Determinisme teknologi juga diartikan sebagai suatu susunan otonom yang berbasis teknologis yang kemudian mengklaim bahwa teknologi sebagai suatu faktor yang dominan dari terjadinya perubahan-perubahan sosial yang pengaruhnya sendiri berangkat dari makna kebudayaan dan kegunaan yang bisa diberikan oleh teknologi tersebut, sebab pada dasarnya dalam determinisme teknologi, inovasi yang ditemukan oleh para penemu di dalam masyarakat juga ditujukan untuk masyarakat. Maka itu, determinisme teknologi menganggap pentingnya ide-ide manusia dalam menciptakan teknologi yang kemudian teknologi tersebut mempengaruhi kehidupan sosial manusia.


2.5  Pendekatan dalam mempelajari  teknologi komunikasi
                Dalam bukunya Anthony G. Wilhelm, "Democracy In The Digital Age" yang
diterjemahkan oleh Heru Nugroho (2003) diungkapkan bahwa ada tiga (3)
pendekatan besar dalam studi media sebagai upaya untuk memahami
perkembangan teknologi komunikasi, di antaranya :
1. Dystopian – Dalam mensikapi teknologi dan penerapannya pada
komunikasi, pandangan Dystopian cenderung sangat berhati-hati dan
bersikap kritis karena dampak yang ditimbulkannya dapat menciptakan
kekacauan dalam kehidupan sosial dan politik. Dystopian ini juga
menyesalkan hilangnya hubungan manusia karena keberadaan
teknologi, terutama media komunikasi.
2. Neo-futuris – Pandangan Neo-futuris beranggapan, suatu keyakinan
yang tidak kritis sedang berlangsung, yaitu penerimaan terhadap hal-hal
yang baru, dalam hal ini terkait dengan teknologi komunikasi.
Perkembangan teknologi komunikasi menurut pandangan ini memiliki
dampak positif terhadap proses politik dan pengembangan nilai-nilai
. demokratisasi. Mereka juga menjelaskan, “menjadi digital” adalah
sesuatu yang utama dari kehidupan politik yang menyehatkan saat ini.
3. Teknorealis – Teknorialis bisa dikatakan sebagai kaum penengah atau
“juru damai” antara kaum Dystopian dan kaum Neo-futuris dalam hal
penerapan teknologi komunikasi dan dampak-dampaknya terhadap
masyarakat. Aspek kritis dimasukan dalam kaitannya dengan praktek
teknologi komunikasi dan perhatian terhadap nilai-nilai kemanusian juga
ditekankan. Dua pernyataan penting dari pandangan ini adalah
teknologi tidak netral dan internet adalah revolusioner tetapi tidak
utopia. Walaupun bersifat kritis terhadap perkembangan teknologi
komunikasi, pandangan ini mengakui kalau teknologi digital memiliki
manfaat-manfaat praktis yang dapat digunakan tanpa harus melawan
nilai-nilai kemanusiaan yang ada.

                                                                Bab 3  Penutup
3.1 Kesimpulan
                Dari beberapa materi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sangat luas . memiliki fungsi yang sangat bermaanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu-ilmu baru yang dapat kita pelajari dan kita pahami serta memiliki dampak-dampak tertentu.
3.2 Daftar pustaka
https://sites.google.com/site/escampur1002/perkembangan-teknologi
https://id.m.wikipedia.org
https://books.google.co.id
https://ulasanpena.wordpress.com/2016/06/19/pengertian-fungsi-dan-contoh-dari-perangkat-lunak-software-dan-perangkat-keras-hardware/
https://id.wikipedia.org/wiki/Determinisme_teknologi
https://baleaksara.files.wordpress.com/2016/12/1kajian-teknologi-komunikasi.pdf
               



http://www.gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Serba-serbi //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //